Bahaya Konsumsi Daging Merah

Penelitian Institut Kanker Amerika dan Yayasan Penelitian Kanker Dunia baru-baru ini menerbitkan laporan baru yang terperinci mengenai makanan, aktivitas fisik, dan kanker. Laporan ditulis oleh suatu panel para peneliti internasional yang menerima lebih dari 7.000 penelitian berskala besar termasuk 10 gaya hidup terbaru dan diet yang direkomendasikan bagi pencegahan kanker. Laporan itu menemukan bahwa sejumlah kecil alcohol, daging merah, serta daging yang diproses dapat meningkatkan risiko kanker secara signifikan. Setiap 1,7 ons dari daging olahan yang dikonsumsi per hari dapat meningkatkan risiko kanker kolorektum dari usus besar sebesar 21 persen. Laporan ini juga menemukan bahwa kelebihan lemak badan meningkatkan risiko kanker usus besar, ginjal, pankreas, kerongkongan, dan rahim, seperti halnya kanker payudara setelah masa menopause.

Yayasan Penelitian Kanker Dunia/Institut Penelitian Kanker Amerika. Makanan, nutrisi, aktivitas fisik, dan pencegahan kanker: pengamatan menyeluruh. Washington DC: AICR, 2007.