25 Desember 2009

Manfaat makan ikan bagi otak tidak terbukti

Riset dari Universitas Wageningen di Belanda telah menyimpulkan bahwa asam lemak dari ikan tidak memiliki efek yang bermanfaat apapun juga terhadap fungsi otak seperti ingatan dan konsentrasi pada orang lanjut usia.

Sebuah kajian terhadap 300 individu lebih yang berusia 65 tahun ke atas mengevaluasi tiga kelompok, dua di antaranya diberi kapsul minyak ikan yang setara dengan satu atau dua porsi ikan setiap minggu dan kelompok ketiga sebagai pembanding yang tidak menerima minyak ikan.

Pengujian terhadap fungsi otak seperti perhatian, kecepatan berpikir, dan ingatan menunjukkan sama sekali tak ada bedanya antara kelompok tersebut.

Faktanya, pernyataan iklan atas efek menguntungkan dari minyak ikan bagi otak tidak pernah dibuktikan, dan kajian Belanda itu adalah yang pertama kali mengujinya.

Kami menghargai riset yang mencerahkan ini, para ilmuwan Universitas  Wageningen. Semoga kita semua menyadari pilihan bijaksana dan welas asih untuk menghilangkan ikan dan produk daging lain dari pola makan kita dan memilih makanan nabati yang memacu kesehatan.

http://www.physorg.com/news180723607.html

 
Download Buku - Gratis
Download Gratis Buku Cinta Kasih Download Gratis Buku Pemanasan Global Download Gratis Buku Perubahan Iklim Download Gratis Buku Gaya Hidup Hijau